TRAVELING LOMBOK - BALI - LABUAN BAJO (KOMODO) 9D8N

Share:

TRAVELING LOMBOK - BALI - LABUAN BAJO (KOMODO)

Traveling secara hemat dan menjelajah ke berbagai tempat memang mengasyikkan. Apalagi destinasi yang kita kunjungi bisa memberikan kepuasan tersendiri dan dengan perjalanan yang mengesankan. Kali ini tim Gibran Travelling menawarkan paket traveling yang tidak biasa. Jangka waktu traveling yang kita perlukan adalah selama 9 hari 8 malam. Oleh karena itu, trip yang Kami buat ini sebisa mungkin Kami buat agar Anda dan rombongan tetap nyaman dan bisa merasakan sensasi berpetualang menikmati keindahan Indonesia.

TRIP PERTAMA - TOUR LOMBOK

BALIK KE HOTEL UNTUK ISTIRAHAT & BEBAS
Hari -4 (18)
1 Belanja oleh -oleh / Museum NTB
- BALIK KE BANDARA INTERNASIONAL LOMBOK  Asumsi Jadwal pesawat terbang jam 11.45 WITA

Hari - 1 :

Tim Gibran Travelling akan menjemput Anda di Bandara Internasional Lombok (BIL) atau di meeting point lainnya sesuai jadwal kedatangan rombongan. Selanjutnya kita akan menuju Pantai Tanjung Aan, sebuah pantai yang memiliki keunikan pasir lembut seperti bedak di bagian sebelah kanan dan pasir seperti merica di bagian pantai sebelah kiri.
Pantai Tanjung Aan
pasir lembut seperti bedak

pasir kasar seperti merica
Setelah asik main pasir dan air di Pantai Tanjung Aan ini, selanjutnya kita akn menuju Batu Payung. Batu karang raksasa yang bentuknya seperti payung atau jamur. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Tanjung Aan. Untuk menjangkau lokasi ini kita perlu jalan kaki sejenak dari bibir pantai menyusui bebatuan karang yang datar. Namun justru ini akan memberikan sensasi berpetualang susur pantai, walaupun jarak dari bibir pantai ke Batu Payung ini hanya sekitar 100 meter :-)

Batu Payung

Menjelang siang hari, kita akan makan siang di lokal resto sekitar Pantai Kuta. Setelah selesai makan siang kita akan menuju Kota Mataram untuk check-in hotel dan istirahat sejenak.

Sore hari tiba, Kami akan menjemput anda menuju Pantai Senggigi untuk menikmati sunset sambil makan jagung bakar plus kelapa muda, suasana sunset seperti ini me-refresh pikiran kita yang jenuh dengan rutinitas sehari-hari.

Rute selanjutnya adalah menikmati makan malam dengan menu khas Lombok, yaitu Ayam Taliwang. Menu khas dengan sajian ayam muda yang diolah dengan digoreng atau bakar, tergantung selera. Yang khas dari menu ini adalah sambalnya, sambal yang berbeda dengan sambal dari daerah lain.

Setelah selesai dinner kita akan balik ke hotel istirahat dan acara bebas.

Hari - 2 :
Perjalanan hari kedua akan kita mulai setelah anda dan rombongan breakfast di hotel dan siap. Destinasi yang kita tuju di hari ini adalah kawasan tiga gili, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Namun demikian, dalam perjalanan menuju tiga gili ini kita akan disuguhi pemandangan yang luar biasa sepanjang jalan raya Senggigi. Dimulai dari pemandangan Pantai Senggigi, Bukit Malimbu hingga Pantai Pandanan.
tour lombok, wisata lombok, travel lombok, gili, trip lombok

Di Bukit Malimbu ini kita bisa berfoto - foto dengan view kawasan tiga gili dan perkebunan kelapa yang ada di bawahnya. Sejenak mampir Bukit Malimbu, kita akan menuju lokasi penyeberangan ke Gili, yaitu Pantai Pandanan. Pantai ini lokasinya tidak jauh dari Bukit Malimbu. Kami memilihkan lokasi Pantai Pandanan ini sebagai lokasi penyeberangan private boat agar anda dan rombongan tidak terganggu dengan kebisingan tamu - tamu lain yang ingin menyeberang juga. Tiga lokasi penyeberangan yang selama ini umum digunakan untuk penyeberangan adalah Pelabuhan Bangsal (public boat), Pelabuhan Teluk Nara dan Pantai Mentigi. Dengan pemilihan ke Pantai Pandanan ini, anda dan rombongan akan sekaligus menikmati keindahan pantai yang memiliki pasir putih dan keindahan batu karang di perairannya ini.

Sekitar 30 menit perjalanan menggunakan private boat / charter boat, kita akan sampai di Gili Trawangan.
Gili Trawangan
Welcome to Gili Trawangan, sejak anda menginjakkan kaki di Gili Trawangan, anda akan langsung disuguhi pemandangan yang luar biasa. Gili Trawangan merupakan destinasi yang sudah terkenal seantero dunia dengan keindahan pantai serta pemandangan bawah lautnya. Bahkan saking terkenalnya, jumlah wisatawan mancanegara di lokasi ini lebih banyak dibanding wisatawan domestik. Dalam paket ini, anda dan keluarga sudah bisa main snorkling di Gili Trawangan ini. Dengan snorkling kita bisa melihat keindahan alam di bawah permukaan air lautnya.

tour lombok, wisata lombok, travel lombok, gili, trip lombok

Selain snorkling, aktifitas yang bisa kita lakukan adalah main sepeda, jalan keliling gili, parasailing, diving ataupun sekedar foto-foto.

Asik main - main di gili Trawangan, tiba waktunya makan siang kita akan makan siang di sebuah resto di Gili Trawangan. Sehabis itu kita bisa solat dan istirahat dan kemudian akan melanjutkan perjalanan ke Gili Meno. Di Gili Meno ini kita bisa keliling dan melihat danau air asin yang ada di tengahnya.
beberapa titik destinasi di Gili Meno
 Selain danau air asin, di sini kita juga bisa melihat koleksi burung - burung di Gili Meno Bird Park.

Menjelang sore hari, kita akan menyeberang ke Gili Air. Bagi anda yang masih penasaran dengan pemandangan bawah laut tiga gili, di Gili Air inilah lokasi paling bagus untuk snorkling. Sebab perairan ini memiliki terumbu karang yang masih alami dan kadang kita bisa jumpa dengan penyu-penyu yang sedang berenang. Wow,,,sungguh suatu pengalaman yang bakal menagih anda untuk datang ke Gili lagi.

Well,,,puas menjelajah Tiga Gili,,,sore hari telah datang, kita balik ke Pulau Lombok (pantai Pandanan) untuk selanjutnya Kami antarkan anda ke lokasi makan malam dengan menu Sate Rembiga, makanan khas Lombok dengan sensasi rasa pedas manis. Selanjutnya Kami akan mengantar anda dan rombongan kembali ke hotel untuk istirahat dan acara bebas.

Hari - 3;

Setelah breakfast di hotel, Kami akan menjemput Anda dan langsung menuju pelabuhan Tanjung Luar untuk menyeberang ke Pantai Pink. Dalam perjalanannya, kita akan mampir beberapa spot yang tentunya sayang untuk kita tinggalkan. Pertama kita akan mengunjungi Pulau Maringkik. Sebuah pulau karang dengan beragam keunikan dan keindahan pantainya. Kemudian kita lanjutkan perjalanan kita menuju Pulau Tiga. Di sini anda berdua bisa snorkling dan berenang bareng untuk melihat keindahan karang serta ikan - ikan kecil yang berwarna -warni. Setelah asik bersnorkling, kita akan menuju Pantai Pink. Pantai Pink ini sebenarnya memiliki pasir putih lembut namun tercampur dengan pecahan karang - karang sehingga bisa berubah menjadi warna pink. Di Pantai Pink ini pula terdapat bukit karang yang bisa kita naiki, sehingga anda bisa memandang luasnya laut dan menikmati keindahan berdua bersama pasangan. Sungguh suatu anugerah Tuhan yang sayang jika kita lewatkan.

Menjelang sore  hari kita akan berangkat pulang dan mampir ke Pulau Pasir. Luas dari pulau pasir ini tidak lebih dari 100 meter persegi, namun unik dan hanya muncul di saat air surut saja. Menjelang sunset kita beranjak balik ke Pelabuhan Tanjung Luar dan menuju ke lokasi Dinner menu khas Lombok lainnya, yaitu Nasi Puyung Inaq Esun di daerah Lombok Tengah. Sehabis dinner kita akan balik ke hotel dan istirahat.

Pulau Maringkik

Pulau Pasir
Jalur pasir yang membelah lautan dan menghubungkan pulau Maringkik dan pulau Kambing

ujung bukit di Pantai Pink Lombok

Pulau Maringkik
Pantai Pink - Lombok

tour Lombok, wisata lombok, travel lombok, gili, trip lombok
RM. Inaq Esun yang asli awal berdiri dan berada dalam perkampungan
Hari - 4 :
Pagi hari setelah breakfast di hotel dan beres - beres, kita akan check out dari hotel dan melanjutkan  ke destinasi berikutnya, yaitu ke museum Negri NTB atau berbelanja oleh - oleh. Setelah city tour sejenak, kita akan langsung menuju Bandara Internasional Lombok dan terbang menuju Bali dengan estimasi penerbangan jam 11.45 WITA

TRIP KEDUA - TOUR BALI

Sekitar pukul 12.15 WITA kita akan sampai di Bandara Internasional Ngurah Rai - Denpasar Bali. Mulai di Bali ini, partner Kami yang ada di Bali akan membatu Anda dan rombongan tour Bali selama 3 hari 2 malam. Berikut ringkasan itinerary selama tour Bali :

Hari-4   Nama Destinasi Keterangan
- TIBA DI BANDARA INTERNASIONAL NGURAH RAI
1 Perjalanan menuju Pantai Lovina - Bali Utara  lunch di luar paket
2 Check in Hotel di sekitar Pantai Lovina
3 RM. resto lokal untuk dinner
- BALIK HOTEL DAN ACARA BEBAS
Hari - 5
- JEMPUT DI HOTEL  estimasi jam 04.45
1 Sunrise Dolphin Tour (melihat lumba - lumba)
2 Snorkling di Pantai Lovina
3 Balik ke Hotel untuk breakfast dan Check-Out
4 Bedugul (Pura Ulundanu dan Danau Beratan)
5 RM. resto lokal untuk lunch
6 Pura Tanah Lot
7 RM. resto lokal untuk dinner
- KE HOTEL SEKITAR KUTA DAN ACARA BEBAS
Hari - 6
- JEMPUT DI HOTEL DAN CHECK OUT
MENUJU BANDARA UNTUK LANJUT KE NTT  estimasi jadwal pesawat jam 08.15

Setibanya di Bandara Ngurah Rai - Denpasar, Kami akan menjemput Anda dan langsung menuju Pantai Lovina yang berada di daerah Bali Utara. Perjalanan cukup jauh, sehingga Anda bisa beristirahat dalam kendaraan selama perjalanan. Sebagai informasi, Bandara Ngurah Rai ada di bagian selatan Bali dan Pantai Lovina ada di Bagian utara Pulau Bali.

Sesampainya di hotel, Kami persilakan anda untuk istirahat dan acara bebas sambil menikmati Pantai Lovina. Hingga saat makan malam tiba, Kami akan mengantar anda untuk dinner di resto lokal.

Hari - 5 :
Hari kelima sekitar pukul 04.45 WITA kita harus sudah bangun karena trip Bali hari kelima ini sudah harus kita mulai. Sunrise Lovina Dolphin, perjalanan wisata yang akan menyuguhkan pengalaman melihat ikan lumba - lumba di Pantai Lovina saat matahari terbit. Dengan menggunakan traditional boat kita akan berangkat ke spot yang dituju.

Sunrise Lovina Dolphin

Setelah asik lihat lumba - lumba di pagi hari, sekitar jam 08.00 WITA kita akan kembali ke hotel untuk breakfast dan melanjutkan perjalanan (optional bisa snorkling terlebih dahulu dan untuk penyewaan alat snorkling ini akan dikenakan charge tambah per set Rp.50.000,-). Sesampainya hotel kita bisa sarapan dan setelah semuanya beres, kita check out dari hotel dan lanjut ke trip berikutnya.

Destinasi selanjutnya yang akan kita tuju di hari kedua ini adalah daerah Bedugul, tepatnya di Pura Ulundanu dan Danau Beratan.
tour lombok, wisata lombok, travel lombok, gili, trip lombok

Keindahan dari Danau Beratan dan Pura Ulundanu ini akan sangat terasa jika cuaca terang dan tidak berkabut. Di sini anda dan keluarga bisa menggunakan boat yang disewa (di luar paket travel) untuk keliling danau atau melihat pura yang ada di atas air ini dari sudut pandang yang lebih dekat lagi.

Menjelang jam makan siang, kita akan beranjak menuju resto di sekitar Bedugul dan makan siang.

Selesai makan siang dan istirahat, kita akan menuju Tanah Lot yang memiliki keindahan sunset dan pura yang berada di tepi lautnya.
Tanah Lot

Selanjutnya kita akan mampir resto lokal sebelum akhirnya menuju ke hotel di daerah Kuta untuk istirahat dan acara bebas.

Hari - 6 :
Pada hari keenam ini, kita akan akhiri perjalanan di Bali dengan bangun pagi dan check out sekitar jam 05.30 WITA karena kita harus menuju bandara untuk naik pesawat ke Labuan Bajo dengan jam penerbangan paling awal, yaitu penerbangan jam 08.15 WITA.

TRIP KETIGA - TOUR LABUAN BAJO DAN KOMODO

Estimasi sampai di Labuan Bajo jam 09.15 WITA, partner Kami yang lain sudah stand by di Bandara Labuan Bajo untuk menjemput Anda dan rombongan. Hari pertama menjelajah Labuan Bajo atau hari keenam Traveling ini, kita akan langsung melakukan Sailing Trip menuju Pulau Kanawa. Sebagai informasi bahwa sebagian besar waktu yang akan kita habiskan selama traveling di Labuan Bajo menggunakan tipe sailing trip, sehingga kita akan banyak berada di atas kapal dan bahkan 2 dari 3 malam akan kita habiskan di atas kapal yang memang distandardkan untuk bermalam.

Sebelum Kami informasikan lebih lanjut mengenai detail itinerary traveling di Labuan Bajo, berikut adalah ringkasannya :

Hari-6   Nama Destinasi Keterangan
Hari - 7
- LANJUT BERLAYAR
1 Pulau Komodo - keliling pulau lihat Komodo  trekking 1 - 1,5 jam
2 Pantai Pink - NTT (di Lombok juga ada Pink Beach)
3 Pulau Badar - sunset di atas bukit
Hari - 9
1 Check out dari hotel setelah breakfast
- BALIK KE BANDARA UNTUK PULANG KE DAERAH ASAL

Dengan jarak tempuh sailing trip selama kurang lebih 2 jam, kita akan sampai di Pulau Kanawa. Pulau Kanawa ini merupakan Pulau yang dikelola oleh resort, sehingga pengunjung yang tidak menginap di sana hanya boleh melakukan  aktifitas snorkling dan tidak diperkenankan menggunakan fasilitas resort yang ada.

tour lombok, wisata lombok, travel lombok, gili, trip lombok
boat non-AC yang akan kita gunakan dalam paket termurah sailing Labuan Bajo - Komodo

Keindahan bawah laut Pulau Kanawa sudah bisa kita lihat sejak kita sudah sampai di dermaga. Air yang jernih, terumbu karang yang warna - warni dan beragam spesies ikan cantik berada di lokasi ini. Spot snorkling ini juga tidak jauh dari bibir pantai sehingga aman untuk having fun.

Pulau Kanawa - NTT
Setelah asik bersnorkling di Pulau Kanawa, kita akan lanjut sailing menuju Manta Point. Spot yang dihuni banyak ikan Pari Manta. Jenis ikan ini sebenarnya dilindungi karena banyak diburu manusia, namun anda jangan khawatir, ikan pari manta ini tidak berbahaya dan bisa bersahabat dengan manusia. Yang perlu diingat adalah spot ini memiliki arus yang cukup kuat, sehingga Anda perlu berhati - hati dan senantiasa gunakan life jacket untuk menikmati keindahan Manta Point dan kalau beruntung, kita bisa ketemu dengan sekumpulan ikan Pari Manta ini.

tour lombok, wisata lombok, travel lombok, gili, trip lombok
penampakan ikan pari manta dari atas kapal
Setelah asik berenang dan snorkling bersama ikan pari Manta, kita akan melanjutkan perjalanan menuju Gili Lawa. Di Gili Lawa ini Anda dan rombongan bisa trekking mendaki bukit sekitar 10 sampai 20 menit untuk mencapai puncaknya. Dari puncak ini kita bisa melihat keindahan pemandangan laut lepas dan menikmati sunset dari atas bukit.

Gili Lawa

Menjelang malam kita akan turun dan bermalam dalam boat di perairan Gili Lawa.

Hari - 7 :

Pada hari ketujuh ini, setelah bermalam di perairan Gili Lawa, kita akan menuju Pulau Komodo untuk melihat hewan purba di  habitat aslinya ini. Anda dan rombongan akan kami ajak berkeliling Pulau Komodo dengan ditemani Ranger yang berpengalaman agar aman. Treking Pulau Komodo dan berburu Komodo dengan kamera ini bisa kita lakukan selama 1 - 1,5 jam.

Selesai menikmati berpetualangan bersama Komodo, kita akan melanjutkan perjalanan menuju Pantai Pink. Bukan hanya Lombok yang memiliki Pantai Pink, namun di daerah Nusa Tenggara Timur ini juga ada Pantai Pink. Pantai yang memiliki pasir berwarna pink. Seperti halnya saat berada di Pantai Pink - Lombok, di sini Anda juga bisa menikmati bukit untuk melihat keindahan alam dari atas dan melakukan snorkling.

Perjalanan selanjutnya adalah menuju Pulau Padar. Bentuk geografis pulau ini mirip dengan Gili Lawa. Kita bisa treking sampai ke atas bukit dan melihat keindahan alam dari atas bukit. Kita akan stand by di Pulau Pudar ini hingga sunset datang dan dapat kita nikmati.

Selanjutnya seperti malam sebelumnya, kita akan bermalam di perairan Pulau Padar.

Hari - 8 :
Di hari kedelapan ini kita akan melanjutkan perjalan menuju Pulau Rinca. Pulau Rinca ini mirip dengan Pulau Komodo. Kita bisa melihat Komodo dari habitat aslinya. Treking untuk keliling di pulau ini sekitar 30 - 60 menit.

Destinasi selanjutnya adalah Pulau Bidadari. Serupa dengan namanya, pulau ini juga memiliki keindahan yang sayang untuk dilewatkan. Pulau ini lokasinya tidak jauh dari Labuan Bajo.

Sore hari menjelang malam, kita akan berlabuh di Labuan Bajo dan mampir di resto lokal untuk dinner.

Kemudian di malam terakhir traveling ini kita akan menginap di hostel daerah Labuan Bajo.

Hari - 9 :
Pagi hari setelah breakfast,,kita siap - siap dan beres - beres untuk selanjutnya check out dan selanjutnya Kami antar Anda dan rombongan ke Bandara Labuan Bajo untuk balik ke daerah asal.