WISATA BUDAYA & KEARIFAN LOKAL PULAU LOMBOK

Share:

KEARIFAN LOKAL DAN DESTINASI WISATA LOMBOK

Gibran Travelling siap mengantar ke berbagai destinasi baik yang sudah terkenal ataupun yang belum terekspose. Khusus lokasi wisata yang berhubungan dengan masyarakat lokal, berikut di antaranya :
  • Desa Adat Sade (kehidupan suku Sasak bagian Lombok Tengah). Desa adat ini benar - benar sudah dikelola menjadi desa wisata, sehingga sudah ada pintu masuk serta ada guide khusus dari desa tersebut yang akan menemani keliling Desa Adat Sade. Bentuk - bentuk rumah di lokasi ini hampir semuanya masih berbentuk seperti adat mereka (walaupun ada juga yang sudah dikombinasi dengan bangunan modern seperti lantai keramik)
  • Desa Sukarara (pusat kerajinan tenun Lombok). Desa Sukarara ini menjadi sentra kerajinun tenun Lombok. Sebagian besar warga desa ini berprofesi menjadi penenun kain khas Lombok dan baju - baju adat Lombok. Para pengunjung dapat membeli baju - baju adat ini.

WISATA BUDAYA LOMBOK

WISATA BUDAYA LOMBOK 
  • Desa Adat Sembalun. Lokasi dari desa ini di dataran tinggi Sembalun. Budaya yang ditonjolkan dalam desa adat ini adalah seperti seni membaca lontar. Namun, desa adat ini masih belum mendapat perhatian lebih dari pemerintah dan masih sepi pengunjung.
Desa Adat Sembalun
  • Dari beberapa wisata budaya dan sosiologi, menurut Kami ada satu tempat yang paling pas untuk kita menjelajah dan menikmati keindahan pantai, yaitu Pulau Maringkik. Kami akan mebahas lebih banyak tentang Pulau Maringkik dibanding destinasi budaya lainnya karena menurut Kami lokasi ini sangat berkesan bagi Kami yang pernah mengunjungi berbagai lokasi wisata di Lombok, bahkan waktu itu masih sebagai seorang tamu biasa. Pulau Maringkik terletak di jalur wisata Pantai Pink (Pink Beach) via jalur laut. Keunikan dari pulai ini terletak pada komposisi masyarakatnya yang terdiri dari Suku Bajo, Suku Bugis dan Suku Sasak. Pulau ini merupakan pulau karang dan telah berkembang menjadi perkampungan.
Pulau Maringkik
  • Suku Bajo dan Bugis ini sudah tinggal di Pulau Maringkik sejak nenek moyang mereka. Paket traveling yang disediakan oleh Gibran Travelling akan mengajak para tamu dan keluarga menikmati keindahan pantai yang dimilikinya. Berikut pantai di Pulau Maringkik :
Dermaga Pulau Maringkik
Dermaga Pulau Maringkik

Jalan Pasir yang membelah lautan dan menghubungkan P.Maringkik dengan P.Kambing
Jalan Pasir yang membelah lautan dan menghubungkan P.Maringkik dengan P.Kambing


tampak jalan pasir yang membelah lautan
tampak jalan pasir yang membelah lautan

Pinggir pulau menuju dermaga, tampak kapal-kapal warga yang hampir semuanya berprofesi sebagai nelayan
Pinggir pulau menuju dermaga, tampak kapal-kapal warga yang hampir semuanya berprofesi sebagai nelayan
Selain keindahan pantainya, warga masyarakat di Pulau ini juga senantiasa hangat menyambut tamu. Bahkan waktu itu saat kami datang bertiga dan mencari rumah makan untuk makan siang, justru salah seorang warga ikut mencarikan Kami rumah makan tersebut. Namun di tengah jalan justru ada warga yang menawarkan diri untuk menyediakan makanan dan gratis. Masakan ibu di pulau ini juga enak. Walaupun pada dasarnya mereka memiliki menu makanan khas dari bahan ikan laut, ternyata mereka juga bisa memasak layaknya masakan di Lombok.
Menu Ikan Khas Pulau Maringkik
Menu Ikan Khas Pulau Maringkik

Pulau Maringkik
Lunch di Rumah Warga dengan Menu Plecing Kangkung dan Fuyung Hay
Keunikan dari Pulau ini juga menu makan Kambing peliharaan warga. Sebagian besar kambing di sini lebih suka makan nasi dan kardus dibanding dedaunan. Berikut tampak gambar yang dapat Kami ambil :
  • Lokasi wisata budaya dan sejarah berikutnya di Lombok adalah Istana Air Narmada. Peninggalan sejarah jaman kerajaan Pejanggik ini memiliki kolam buatan yang dulunya dibuat sebagai miniatur Danau Segara Anak di Gunung Rinjani.
  • Destinasi untuk mengetahui sejarah, tidak bisa dilepaskan dari museum. Lombok memiliki satu museum yang bernama Museum Negri NTB. Di sini pengunjung dapat melihat berbagai macam peninggalan sejarah masyarakat NTB.

Selain wisata budaya dan antropologi di atas, Kami juga menyediakan beberapa trip Lombok yang bersifat sport sekaligus jalan - jalan melihat kehidupan masyarakat sekitar.  Paket wisata ini akan masuk dalam paket River Tubing dan Bicycling. River Tubing dari Gibran Travelling ini akan diawali susur sawah dan perkampungan dengan jalan kaki selama kurang lebih 30 menit untuk menikmati alam dan kehidupan masyarakat lokal Lombok. Begitu juga dengan paket Bicycling akan memiliki rute menyusuri perkampungan di Lombok.


Bicycling di perkampungan


River Tubing
Atau paket rafting susur Sungai Jangkok - Lombok juga bisa.



Demikian informasi sementara yang dapat Kami sampaikan. Kedepannya Gibran Travelling akan merancang trip yang bersifat EcoTour (Ecological Tour) yang melibatkan peserta trip ke sebuah kegiatan menjaga kelestarian alam dengan bersih - bersih pantai dan merasakan kehidupan sebagai nelayan.

Semoga bermanfaat.

-Happy Travelling-

Tidak ada komentar